INGAT ! MENCARI NAFKAH ITU BERPAHALA


 

📡 Link Youtube:

https://youtu.be/a_7YhO_Gg5E


Imam Nawawi rahimahullah membuat judul untuk hadits ini, “Keutamaan nafkah bagi keluarga dan hamba sahaya, serta dosa bagi orang yang melalaikan dan menahan nafkahnya untuk mereka.” Dalam Syarh Muslim (7:82), Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Nafkah kepada keluarga itu lebih afdhol dari sedekah yang hukumnya sunnah”.


Dan jika seorang suami menganggur maka akan di tanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala nanti di akhirat sebagaimana dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,


لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ


“Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya dimanakah ia habiskan, (2) ilmunya dimanakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya dimanakah usangnya.” (HR. Tirmidzi, no. 2417, dari Abi Barzah Al-Aslami. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).


Maka seorang suami harus semangat ketika mencari nafkah bagi keluarga, karena hal tersebut bernilai pahala dengan niat ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga Allah mudahkan segala urusan para suami dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Allahuma amiin..


Allahu Ta’ala a’lam bisshowab


Akun-akun resmi Ustadz Khalid Basalamah yang terbaru:

Website: https://www.khbofficial.com

Youtube Channel:  https://www.youtube.com/khalidbasalamah

Instagram: https://www.instagram.com/khalidbasalamahofficial

Whatsapp: https://wa.me/6281113305353

Whatsapp Group: https://forms.gle/h8EaGXRu7sTqCpiB7

Facebook Fanpage : https://www.facebook.com/khalidzeedbasalamah

Twitter:  https://www.twitter.com/ustadzkhalid

Telegram Channel : https://t.me/khalidbasalamahofficial

Audio mp3 Soundcloud: https://www.soundcloud.com/khalidzeedbasalamah


#khalidbasalamah #khalidbasalamahofficial #ustadzkhalid #ustadzkhalidbasalamah #dakwah

0 Komentar